Profil

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU DAN SATUAN PENGAWASAN INTERNAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

 

 

Kepala LPM-SPI UMSurabaya

Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes.

 

 

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang sudah dikenal luas, baik nasional maupun internasional. Berdiri sejak 1984, UMSurabaya sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) telah banyak berkontribusi dalam mencerahkan dan memajukan peradaban bangsa. Sejalan dengan tantangan perkembangan jaman, UMSurabaya terus mengembangkan diri menuju universitas unggul kelas dunia “excellent of the World class university”.

 

Dalam upaya peningkatan mutu berkelanjutan (Continous Quality Improvment, CQI) UMSurabaya membangun  suatu sistem penjaminan mutu internal (SPMI) secara sistematik sesuai dengan ketentuan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti).

 

SMPI adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi yang dilakukan UMSurabaya secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. SPMI UMSurabaya mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi (SN-Dikti) dan standar Perguruan Tinggi Muhammadiyah (Standar-PTM) dengan menerapkan Model Siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (Model-PPEPP).

 

Penjaminan mutu di UMSurabaya, pada tingkat universitas dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Satuan Pengawasan Internal (LPM-SPI) merupakan salah satu UPT (Unit Pelaksana Teknis) di bidang akademik, yang eksistensinya mulai aktif sejak tahun akademik 2012-2013. UMSurabaya melakukan SPMI secara terpadu oleh LPM-SPI, Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di tingkat fakultas, dan Unit Penjaminan Mutu (UPM) di tingkat program studi.

 

Di era global yang dimotori oleh lompatan kemajuan teknologi informasi, banyaknya informasi yang dapat diakses lewat website suatu perguruan tinggi menjadi pertimbangan dalam penyusunan peringkat perguruan tinggi menurut versi Webomatric.

 

Usaha penyempurnaan Cyber Campus UMSurabaya Insya Allah akan meningkatkan literasi secara online, khususnya di kalangan civitas akademika.

 

Ke depan LPM-SPI UMSurabaya akan berusaha untuk dapat menyajikan informasi lewat website yang lebih menarik, relevan, dan up to date, baik untuk kepentingan internal maupun eksternal kampus.

 

 

Surabaya,  April 2017

Kepala LPM-SPI,

 

 

Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes.